Backup Data di Blog Menggunakan Blogger Backup

Bisakah di Blogger a.k.a Blogspot kita melakukan backup data?? Pertanyaan itu terlintas secara tiba-tiba dibenak ini ! Weeeeee ada apa gerangan? Pertanyaan itu muncul karena timbul keinginan untuk meng-hosting webblog ini ke hosting-an yang berbayar. Weeee apa lagi itu hosting?

Hosting (menurut terjemahaan penulis sendiri) adalah tempat kita meletakkan file-file web atau blog, baik itu content (isi) maupun template dari web atau blog. Kira-kira begitulah. Nah jika kita menggunakan blogger maka semua file template dan isi tulisan (posting) kita berada di servernya blogger itu dan it's free of charge tentunya. Lalu apa keuntungan kita menghosting di tempat yang berbayar tentunya keleluasan dalam melakukan customisasi dari web atau blog. Banyak layanan yang bisa digunakan di hosting berbayar, salah satu contohnya adalah penggunaan database seperti mySQL.

Selain alasan tersebut just in case blog kita dibaned atau ditutup oleh blogger, nah secara instan kita bisa mengambil tulisan kita dan mengupload kembali ke blogger baru.


Download aplikasi / program berikut :
http://www.ziddu.com/download/16317534/BloggerBackupSetup.1.0.9.23.zip.html

Install program dan ikuti step-stepnya. Lalu jalankan program dari start menu. Tampilan jendela program akan tampak seperti gambar berikut :
Klik tanda segitiga pada bagian kanan dari tulisan "Availabe blogs". Cuma ada satu pilihan [Add/Update/Remove Blogs], pilih menu tersebut. Akan muncul jendela baru lalu isi form Blogger user ID dan blogger password. Login into blog dan klik tombol OK. Lalu pada text "Available blogs" pilih menu segitiga kembali dan blog yang akan dibackup akan muncul pada menu tersebut. Secara default file backup akan disimpan di direktori /My Documents/Blogger Backup. Hal yang menarik dari aplikasi ini
 adalah comment yang ada pada setiap post juga dapat dibackup. Untuk melakukan backup comment ini centang option "Save comments?".
Selamat mencoba. Mudah-mudahan bermanfaat.



2 komentar:

Anonymous said...

Bisa dicoba nih..

TFS mas.. Sangat bermanfaat. Kalo ada yg tdk dimengerti, boleh nanya y.. :)

-Inda-

Bambang S. said...

Ya bisa dunk...

Sip silahkan tanya.

Post a Comment