Customize Your Blog : Mengedit Template Blogger Anda Melalui Web Editor

Blogger memberi keleluasaan bagi penggunanya untuk mengotak-ngatik template-nya. And It's absolutely free. Yahh anda tidak dibebankan biaya untuk melakukan perubahan pada template, semua kode xml dan cssnya bisa diedit secara langsung ataupun kalo ingin mengunduh kode template blogger juga bisa. Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana mengedit kode template blogger melaui web editor ?


Kenapa harus menggunakan web editor kalau sebenarnya menggunakan form yang sudah disediakan oleh blogger kita bisa mengedit template blogger? Alasannya adalah :
  1. kamu tidak perlu repot-repot lagi mencentang "expand widget template" untuk mencari kode dalam form ataupun ingin melakukan pengeditan;
  2. dengan melakukan download kode template blogger dan melakukan pengeditan kode melalui web editor setidaknya kita mempunyai kode backup di komputer;
  3. web editor membantu menemukan syntax program yang tidak kita ingat, beberapa web editor memberi hint atau petunjuk syntax-syntax pada penggunanya.

Nah langkah-langkah untuk melakukan pengeditan kode template blogger melalui program web editor adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan aplikasi web editor sudah terinstall di komputer atau laptop. Kalo belum mah sama juga boong he.he.. :-). Ada beberapa aplikasi web editor yang bisa digunakan antara lain adalah : bluefish, wymeditor, adobe dreamweaver, namo, first page dan masih banyak editor yang lain.
  2. Login ke blogger.com dan pilih menu "design" lalu "edit html" dan klik link 
  3. Buka aplikasi adobe dreamweaver lalu buka file hasil downloadan melalui menu file open atau buka folder tempat menyimpan file yang sudah didownload (file ini berektensi *.xml) lalu klik kanan dan pilih Edit With Adobe Dreamweaver seperti pada gambar di bawah.
  4. Isi dari file dengan ekstensi *.xml tersebut terlihat seperti berikut : 
  5. Isi dari kode template blogger merupakan kombinasi beberapa bahasa pemrograman web antara lain html, xml, css dan beberapa ada yang menambahkan javascript. Dalam tulisan selanjutnya akan dibahas tata letak bahasa pemrograman tersebut di dalam template blogger. Show stay update tulisan-tulisan selanjutnya brontox, dan jangan lupa mengunjungi iklan-iklan di halaman blogger ini untuk mendukung semangat ku untuk tetap menulis. He...he.. maunya. But i really meant it.
  6. Nah sampai pada tahap ini kamu sudah bisa mengedit kode program kamu melalui text editor, dan hint atau petunjuk yang tadi sudah disampaikan di atas tampak seperti gambar berikut :
  7. Saat menuliskan kode <div di editor dreamweaver lalu menekan spasi maka beberapa syntax akan muncul. Inilah kemudahan dalam mengedit template blogger, jika lupa akan suatu syntax maka akan muncul beberapa syntax yang bisa dipilih sehingga syntax yang tadinya lupa bisa kita temukan dengan munculnya pilihan-pilihan syntax tersebut. Orang menyebut fitur ini dengan nama "Syntax Highlighter"
  8. Setelah selesai melakukan edit program simpan kode program template blogger tersebut melalui menu "file" lalu "save". Upload file dengan ekstensi *.xml yang sudah diedit ke blogger. Klik tombol browse lalu pilih file *.xml dan klik tombol upload. 
  9. Sekian step by step untuk edit template blogger menggunakan editor web. Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment