Aplikasi Web Server Gratisan untuk Kamu

Pernah denger kata apache? Oh bukan, bukan American atau suku asli penghuni benua Amerika. Tapi apache yang ini adalah aplikasi web server gratisan. Benda seperti apa sih apache ini? Nah apache merupakan HTTP server yang memungkinkan kamu mengakses file-file web yang tersimpan di hardisk melalui alamat domain atau ip melalui protokol web. Aplikasi ini dikembangkan oleh komunitas dengan source code yang dapat dikembangkan oleh siapapun. Tapi tidak cukup hanya apache untuk dapat membuat situs lalu mensimulasikannya secara offline di komputermu. Ada aplikasi lain yang sudah include apache di dalamnya dan aplikasi-aplikasi lain yang sangat berguna. Ingin tau lebih? just click more.

Aplikasi perangkat lunak yang sudah include apache di dalamnya dan aplikasi-aplikasi lain adalah XAMPP. Xampp versi 1.7.4 terdiri dari beberapa aplikasi berikut :
  • Apache 2.2.17, sebagai web servernya.
  • MySQL 5.5.8, merupakan database yang banyak digunakan oleh web programmer
  • PHP 5.3.5, salah satu bahasa pemrograman web
  • phpMyAdmin 3.3.9, modul untuk memanajemen database
  • FileZilla FTP Server 0.9.37, aplikasi untuk upload/download file web ke/dari server hosting
  • Tomcat 7.0.3

  1. Download installer xampp pada saat tulisan ini saya tulis masih versi 1.7.4. Download filenya di sini . Kalau link di atas broken, kunjungi halaman utama xampp. Tersedia 3 versi yaitu untuk Windows OS, Linux, Mac OS.
  2. Double klik file xampp-win32-1.7.4-VC6-installer.exe yang sudah didownload. Maka sebuah jendela seperti berikut akan terbuka :
  3. Pilihan bahasa cuma ada dua English dan Dutch, but i prefer English lebih karena ga ngerti Dutch he...he...
  4. Setelah tombol OK diklik maka muncul jendela seperti berikut :
  5. Jendela ini muncul jika sistem operasi di komputer adalah Windows Vista, untuk windows Xp tidak muncul peringatan seperti itu. Peringatan ini muncul karena UAC dinonaktifkan oleh xampp, jika UAC diaktifkan lagi maka fungsi dari xampp akan dibatasi atau tidak bisa running (berjalan). Klik OK untuk melanjutkan proses instalasi.
  6. Pilih Next untuk melanjutkan instalasi sampai anda bertemu jendela baru dengan tujuan instalasi file. Secara default file akan diinstall ke direktori "C:" tapi aku lebih memilih menggunakan direktori selain "C:" seperti direktori "D:" atau direktori lainnya. Lihat gambar di bawah untuk memilih drive atau direktori selain "C:".
  7. Klik Ok dan selanjutnya muncul jendela berikut :
  8. Ada beberapa pilihan yang tidak dicentang, ada tiga pilihan yaitu Install Apache as service, Install MySQL as service dan Install Filezilla as service. Service adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem operasi (background aplication), tidak nampak kecuali dilihat dari control panel dan administrative tools atau melalui task manager. Tapi aku lebih recomend untuk tidak mencentangnya, karena aplikasi yang jalan pada service juga memakan resource sehingga membebani kinerja komputer. Klik tombol Install untuk melanjutkan instalasi lalu finish. Pada tahap ini program telah terinstall di komputer.
  9. Bagaimana cara menggunakannya? Nah karena aplikasi ini tidak berjalan sebagai service, aplikasi ini harus diaktifkan melalui Xampp Control Panel. Untuk menjalankan aplikasi bisa melalui desktop dengan klik dua kali pada icon Xampp Control Panel atau melalui start menu lalu apache friends. Lihat gambar di bawah
  10. Xampp Control Panel akan terlihat seperti gambar di bawah. Klik tombol start untuk mengaktifkan web server apache atau aplikasi lain seperti database MySQL jika memang dibutuhkan.
  11. Lakukan running test untuk mengetahui web server yang terinstall. Untuk melakukan pengetesan buka web browser lalu ketikkan address (alamat) berikut : http://localhost . Jika tidak ada masalah pada instalasi XAMPP maka browser akan menampilkan halaman seperti ini :
  12. Lalu dimana letak direktori webnya ? Karena saat instalasi diarahkan ke direktori "D" maka direktori web berada pada direktori tersebut tepatnya pada folder " file:///D:/xampp/htdocs/ " . Pada folder hdocs inilah file template web harus diletakkan sehingga bisa diakses melalui localhost. Contoh kamu mempunya sebuah file dengan ekstensi html dengan nama firsttest.html maka untuk mengakses file ini ketikkan http://localhost/firsttest.html jika file-file web menyatu dalam satu folder misal dengan nama earthy maka akses dengan mengetik http://localhost/earthy.
  13. Selamat mencoba, semoga sukses. Tunggu tutorial selanjutnya tentang bahasa pemrograman html, php dan koneksinya ke database MySQL tentunya dengan menggunakan web server yang sudah terinstall.
"Tulis apa yang kamu kerjakan, Kerjakan apa yang kamu tulis" (by Mr. Alex CCAN PT. Telkom Indonesia Kandatel SUMBAR). This quote really inspired me. So keep following me dan keep supporting me by clicking the advertisement in my blog. Thank.

0 komentar:

Post a Comment