Slides plugin jQuery dan Otakku yang dah Panic

jQuery dengan slogannya writeless, do more. Tapi slogan itu menjadi write less, do nothing. Yah i write nothing because of jQuery and i do nothing with my personal blog. Awalnya ingin sekali menggunakan javascript di blog ini. Selain mempercantik juga bisa menghemat space karena adanya fasilitas slide. Browsing di google nemu plugin yang namanya slides. Slides merupakan plugin yang menggunakan jQuery. Patah semangat karena sampai detik ini tidak juga berhasil menggunakan plugin slides di Blog akhirnya jadi write less, do nothing.


jQuery merupakan widget yang dapat digunakan pada halaman web atau blog yang dipadukan dengan html. jQuery dibangun menggunakan bahasa java script. Tidak perlu lagi berulang-ulang menulis program cukup memanggil fungsi jQuery dan menggunakannya di halaman web dan melakukan lebih banyak hal cukup dengan satu fungsi tersebut. Untuk lebih jelasnya apa itu jQuery berikut saya kutip dari wikipedia :
"jQuery adalah pustaka JavaScript kecil bersumber terbuka yang menekankan pada interaksi antara JavaScript dan HTML. Pustaka ini dirilis pada Januari 2006 di BarCamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah MIT dan GPL.
Microsoft dan Nokia telah mengumumkan akan mengemas jQuery di platform mereka [1]. Microsoft awalnya mengadopsinya dalam Visual Studio [2] untuk digunakan dalam ASP.NET AJAX dan ASP.NET MVC Framework, sedangkan Nokia akan mengintegrasikannya dalam kerangka Web Run-Time mereka."

jQuery digunakan dengan menempatkan file jQuery tersebut dalam doc root web atau dapat juga diambil dari pihak ketiga yang kemudian dipanggil melalui syntaq html. Jika anda pernah membuka halaman kompas.com atau vivanews.com dan mungkin situs warta berita lainnya di halaman utamanya selalu ada gambar dengan caption yang berganti secara otomatis atau gambar dengan pilihan 1, 2, 3, 4, 5 dst yang jika diklik akan berubah. Nah seperti itulah salah satu penggunaan jQuery.

Ujicoba penggunaan jQuery menggunakan plugin slides di blog ini ternyata belum membuahkan hasil. But i'm not surrender yet, saya masih yakin pasti berhasil. Dan mudah-mudahan bisa berbagi step by step di blog ini jika benar-benar sudah jalan. Just wait and see, keep update.

0 komentar:

Post a Comment