Intalling Linux, Apache, MySQL, php (LAMP)

Web server telah dibahas pada tulisan sebelumnya. Tapi kali ini saya mencoba untuk membahas instalasi web server di platfor yang berbeda dari sebelumnya. Instalasi kali ini akan berjalan di Ubuntu. Penasaran bagaimana caranya, yuk ikuti step-stepnya.




1. Buka terminal dan ketikkan perintah berikut:
sudo apt-get install lamp-server^
 Enter setelah perintah di atas diketikkan dan akan muncul pertanyaan Do you want to continue ? ketikkan saja "y" (tanpa tanda kutip). Secara otomatis ubuntu akan mendownload paket-paket apache, mySQL, dan PHP sekaligus menginstall paket-paket tersebut. Saat instalasi akan muncul form isian untuk password "user" dari mySQL.

2. Lakukan pengetesan server apache dengan mengunjungi htttp://localhost melalui "web browser". Jika instalasi apache sukses maka akan muncul tulisan It works. Kebaca ga ??? Kalo ga kebaca silahkan ke optic shop dulu periksa mata plus beli kacamatanya.

3. Test PHP
Pengetesan PHP dapat dilakukan melalui pemanggilan fungsi phpinfo(). Fungsi ini menampilkan informasi PHP yang terinstall seperti versi dll. Buat file dengan eksetensi .php. misal coba.php. Gunakan perintah berikut untuk membuat file tersebut
sudo vim /var/www/coba.php
tekan "i" lalu ketikkan syntax berikut dalam file coba.php
<?php phpinfo(); ?>
simpan file dengan melakukan escape (tombol "Esc") lalu ketikkan perintah :wq lalu "enter", sekali lagi "enter" ya! bukan "entar", untuk menyimpan dan keluar.

Buka web browser lalu ketikkan http://localhost/coba.php . Pasti kamu dipaksa oleh si browser untuk mendownload file yang telah dibuat tadi.

Agar apache bisa menampilkan apa yang kita inginkan yaitu fungsi phpinfo(), maka ketikkan perintah berikut :
sudo /etc/init.d/apache2 restart
lalu buka kembali halaman http://localhost/coba.php melalui web browser.

4. Install phpMyadmin untuk monitor table mySQL dan aktivitas lain berkenaan dengan database. Ketikkan perintah berikut untuk melakukan instalasi phpMyadmin.
sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql phpmyadmin
Saat instalasi berjalan anda diminta untuk memilih web server yang akan digunakan secara otomatis oleh phpMyadmin. Pilih apache2, gunakan "space bar" untuk memilih apache2, lalu tekan "enter".
Kemudian akan muncul lagi pilihan untuk menentukan configurasi database yaitu otomatis atau manual. Database ini akan digunakan oleh phpMyadmin, tanpa database tersebut phpMyadmin tidak bisa jalan. Just chose "yes" cause we are a newbie... he..he.. kalo udah expert ya silahkan secara manual create sendiri. Tekan "enter" untuk memilih yes.

Jendela input form akan muncul meminta anda untuk memasukkan password mySQL. Masukkan password mySQL yang tadinya anda tentukan.

5. Tes phpMyadmin.
Tes phpMyadmin yang telah diinstall dengan membuka browser lalu ketikkan alamat berikut http://localhost/phpmyadmin/ .


0 komentar:

Post a Comment